Tuesday 6 May 2008

Ring In Red, is it real??

Beberapa hari belakangan masyarakat komunitas handphone mendapatkan sms aneh yang berisikan "nomor telepon merah". Dikatakan bahwa jika ada nomor telepon merah yang call ke hp dan diangkat, maka orang itu akan mati. Dan saya sama sekali tidak mempercayainya. Semakin lama semakin banyak versi dari nomor telepon merah yang dikirim ke handphone saya. Ada lebih dari 10 versi, tapi intinya sama saja, telepon yang bisa mematikan si penerima.

Iseng-iseng saya dan saudara-saudara saya menamakan fenomena ini sebagai "Death Call".. Secara, kami baru saja selesai nonton anime-nya "Death Note" sampai episode terakhir, jadi dikaitkan kesana gitu deh.. hehehe.. Lagian kan cocok? Yang dapat call kalo gak meninggal yah pingsan dan sebagainya.. Versi lain malah menyebutkan nomor telepon dari operator AXIS penyebabnya, yang dikait-kaitkan dengan angka 6 dan gereja setan. Setelah itu juga ada versi yang mengatakan bahwa ini adalah ulah orang yang sedang mempraktekkan ilmu hitamnya, cape deh..

Kemudian kabar terbaru adalah yang lebih logis yang isi smsnya seperti berikut:
MENGENAI "RING IN RED" YANG TERJADI DI BANYAK NEGARA, KEPDIK "WHO" PROF. DR. BLANCA LOCHAR J. D. TELAH MENYATAKAN BAHWA KEJADIAN DEMIKIAN DAPAT DIPASTIKAN BUKAN ILMU HITAM. AKAN TETAPI, RADIASI INFRAMERAH YANG SENGAJA DIPANCARKAN SECARA BERLEBIHAN KE CELLPHONE NOMOR DITUJU YANG MEMANG BENAR DAPAT MENYEBABKAN SI PENERIMA TEWAS.

Nah, kalau yang ini kan lebih masuk akal?? Saya sudah mencoba untuk search di Google mengenai kebenaran sms ini namun tidak berhasil. Tetapi malah mendapati bahwa Ring In Red adalah nama sebuah game yang di released oleh Konami, begitu pula dengan pernyataan dari Blanca Lochar yang tidak dapat saya temukan dimanapun. Akan tetapi, bagaimanapun pribadi saya tidak begitu yakin dengan hal-hal diatas. Namun setidaknya dengan adanya kabar "Ring In Red" ini bisa membuat sedikit tenang masyarakat-masyarakat yang ketakutan dengan isu-isu gereja setan ataupun ilmu hitam.

Peace VV

9 comments:

Ree said...

iya ni, gw juga dapet sms kek gini...
Gw malah penasaran gimana caranya HP bisa membunuh orang..
Infra Red kan ga bisa dikirim via sinyal EM.
Cuma iseng aja kali yah..
hehe
Salam kenal!

MZ said...

yup ^^ salam kenal juga

Anonymous said...

Salam kenal
Saya rasa ini memang SMS Spam. Ulang orang kurang kerjaan

Anonymous said...

pada awalnya gw jg ga percy, dan brpkr pst ulah slh 1 operator hp untuk mencari keuntungan, atau pun ulah orang iseng yang lg kepengen tlp doi nya, tapi karena operator hp lagi besaing n menyebbkan jaringan sbk, maka dy pun menybrkan sms ini agar dpt mengurangi bbn jaringan.
sampai tadi pagi, gw terpaksa percaya. Salah satu kerabat keluarga gw menjadi korban. walaupun korban cm pengsan stlh menerima sms merah. Keadaan waktu itu, hp korban terletak di atas lantai, dan bunyi sms berdering. korban kemuadian mlihat dari jauh sms berwarna merah dan mendekati hp nya. tetapi sebelum menjangkau hp nya, korban terus jatuh pengsan.

Anonymous said...

wow...koq sms bisa kayak begini ya??

www.designbyeduard.com

Unknown said...

Sodara Gw jg dapet nih.....
tp bkan sms merahnya, melainkan sms peringatannya....
gw jg coba search di seputar-indonesia.com yang beirisi :

SMS Santet Serang Jateng
Sunday, 11 May 2008

SEMARANG (SINDO) – Isu santet melalui short message service (SMS) dan selebaran gelap menyerang Jateng,khususnya Kota Semarang.

Diduga isu ini untuk mengalihkan perhatian warga terhadap rencana kenaikan harga BBM. Semalam, sejumlah orang menyebarkan selebaran kertas yang berisi imbauan agar berhati-hati jika menerima SMS dengan huruf berwarna merah. Selebaran tersebut dibagikan kepada para pemakai jalan yang melintas di Jalan Abdulrahman Saleh,Kecamatan Semarang Barat.Selain disebar kepada para pemakai jalan,selebaran juga ditempel di pohon-pohon di tepi jalan tersebut.

Menurut Harno, salah seorang tukang parkir toko material di Jalan Abdulrahman Saleh, ada dua orang dengan berkendara sepeda motor menempelkan selebaran berisi imbauan agar berhati-hati dengan telepon dari nomor tertentu. Selebaran tersebut ditempel sekitar pukul 19.00 WIB tadi malam. ”Setelah menempelkan selebaran itu di pohon langsung pergi.Saya tidak sempat melihatnya, pokoknya dia perginya cepat,”ujarnya.

Arif Pamungkas,warga Jalan Borobudur, Manyaran, Semarang Barat, yang kebetulan lewat di jalan tersebut mengaku heran dengan isi selebaran yang ditempel itu.”Huruf di selebaran itu ditulis tangan.Yaisinya agar berhati- hati jika menerima SMS dengan nomor sekian-sekian, saya tidak begitu memperhatikan. Saya geli membaca selebaran di zaman sekarang yang masih seperti ini.Lucu,”ungkap Arif.

Akibat adanya selebaran yang ditempel itu,beberapa masyarakat yang menerima selebaran tersebut bereaksi beragam.Selebaran tersebut sudah menyebar ke perkampungan di Jalan Lebdosari. ”Ada yang tidak peduli dan cuek saja,tapi ada juga yang khawatir dan waswas, takut. Di sana,bahkan selebarannya di tempel di rumah warga,”tambahnya.

Isu SMS santet sebenarnya sudah beredar di masyarakat Semarang sejak empat hari lalu.Namun,SMS yang diterima masyarakat berupa SMS imbauan untuk tidak mengangkat telepon yang nomornya berwarna merah. Beberapa SMS yang beredar di masyarakat di antaranya bertuliskan ”Kalau ada nomor HP 0866, 0666, dan 9846554 atau warna merah, telepon jangan diangkat. Di Jakarta, Batam, dan Bengkalis ada yang meninggal garagara ini.Katanya lagi uji ilmu hitam.”

Ada juga SMS yang bertuliskan ”Kalau ada telepon yang berwarna merah 0866 atau 0666 jangan diangkat karena bisa menelan jiwa atau meninggal. Hari ini sudah disiarkan di berita terjadi di Jakarta dan Duri dan sudah terbukti. Sekarang masih diusut oleh pihak kepolisian. Dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh oleh dukun ilmu hitam atau si penelepon adalah roh gentayangan yang mencari mangsa.” ”Saya sudah empat hari mendengar isu itu.

Isu pertama saya dengar dari saudara di Padang. Sempet bikin heboh keluarga di sana.Tapi ternyata di kantor dan masyarakat sekitar juga sudah pada heboh,”ujarTiti Yulita,warga Perumahan Padepokan Ganesha II No B27,Semarang. Isu serupa juga sudah beredar di kalangan kampus.Seperti penuturan Ilmi Hidayati, 22, salah seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di Semarang.

Dia menuturkan, sejumlah teman-temannya juga pernah mendapatkan kiriman SMS serupa,dengan isi yang tidak jauh berbeda. ”Memang banyak teman saya yang mendapatkan SMS yang berisi agar berhati-hati jika menerima telepon dengan nomor sekian-sekian yang jelas berwarna merah.Kalau saya sendiri sih tidak percaya,” terangnya. Sementara itu, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng A Rofiq mengaku belum mendengar keluhan masyarakat tentang adanya isu santet melalui SMS.

Namun, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak langsung panik jika menerima SMS yang isinya seperti itu.Menurutnya,langkah terbaik yaitu dengan mengomunikasikan temuan SMS tersebut kepada tokoh agama atau tokoh masyarakat untuk kemudian dikoordinasikan dengan aparat berwajib untuk diselesaikan. ”Adanya isu seperti itu kan sebenarnya sudah berkali- kali terjadi dan bukan hanya saat ini saja. Isu ini biasanya muncul di saat kondisi sosial ekonomi yang tidak stabil seperti saat ini.

Kemungkinan isu itu muncul karena ulah beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kebingungan warga dengan isu tersebut,” jelasnya kepada SINDO. Rofiq berpendapat, isu tersebut merupakan salah satu teror psikologis yang diberikan kepada masyarakat.Isu itu merupakan upaya beberapa pihak tertentu untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari isu yang tengah hangat terjadi di masyarakat saat ini.

”Misalnya menjelang kenaikan bahan bakar minyak, Pemilihan Gubernur Jateng, dan beberapa contoh lainnya,”terangnya. Dia berharap, aparat keamanan segera tanggap menangani persoalan ini agar tidak semakin meresahkan. ”Aparat kita harapkan juga dapat segera menelusuri ma- salah ini,”imbuhnya. Di lain pihak,menurut salah seorang sosiolog komunikasi Undip Semarang Triyono Lukmantoro,munculnya isu tersebut merupakan keisengan yang disengaja.

Kondisi seperti itu dibuat bukan untuk mengalihkan perhatian masyarakat terhadap isu-isu yang sedang hangat, di antaranya rencana kenaikan BBM.Namun,hal itu lebih ditujukan untuk menambah kegelisahan dan keresahan masyarakat. ”Jadi ini cuma rumor atau sesuatu yang tidak jelas. Dan masyarakat yang terkena akhirnya akan gelisah dan cemas,”katanya.

Situasi resah dalam masyarakat, sambung dia,dapat dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. ”Dengan demikian kecemasan masyarakat akan semakin menjadi-jadi. Dan kemungkinan, besok-besok bisa ada lagi isu serupa,”ungkapnya. (sari septiyaningtias/ susilo himawan/ adhitya purna)

Untuk Linknya :
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-tengah-diy/sms-santet-serang-jateng-3.html

Segini dulu ya infonya....
klo gw dapet yang lg ntar gw share...

MZ said...

wah, makasih buat gesit untuk artikelnya yah..

arie 'cres said...

wah,,,,
bagus jg nih cerita,,,
tp yang pasti film death note nya keren banget,,, pa lagi sm tokoh yang namanya "L".

BTW,, sms ato tlp warna merah klo di terima di HP aku yang jadul.. (msh nomo chrom maksudnya) gmn ya jd nya.

MZ said...

"L" yah? Klo "M" sama "N" nya keren juga kok ^^ nonton di anime tapi, hehe..

wah klo buat hape monochrome sih.. aman kali yah, hehe.. >.<